Mei 13, 2009

Materi VS Spiritual


Gw punya seorang koko yang sumpeee nyebelinnn plus ngeselinn bangettt
Tapi karena itulah salah satu daya pikatnya yang emang banyak bikin perempuan plus abg pengen ngelempar sendal kalo lagi di kacangin ma dia.
Namanya Lie Chen Sing. Tapi biasa gw panggil Koko Sing.
Meski sering bikin orang gegar otak karena mencak mencak...ternyata akhir akhir ini, dia sering membuat tulisan. Yang memang kadang tulisannya bikin orang tersenyum and jadi gemes pengen ngremesin dia.( bayangin pas lagi meresin kelapa kek gimana sih?)
(Pajang poto Koko ahhhh........kali aja ada yang kenal....

Ngamukkk ngamukk dehh si Lie.....bess poto nya ga ade yang ganteng nyebelinnn terpaksa gw suruh mejeng si Lie yang penting ada Lie lie nya dikit......)


Berikut salah satu kutipan tulisan koko Sing

“Menjadi kaya dan bahagia adalah cita2 sebagian besar orang apapun profesi yg kita pilih semuanya mempunyai tujuan akhir mengumpulkan kekayaan sekalipun profesi itu menyangkut ke agamaan(brp banyak org yg berprofesi penjual agama menjadi kaya?). Saya berpikir sungguh ironis melihat kenyataan ini,agama yg seharusnya mengajarkan hidup bersahaja/sederhana dlm usaha utk menggali spritualitas manusia,tetapi justru...sdh di eliminir (manipulatif)sedemikian rupa utk kepentingan pribadi. Kemudian timbul pertanyaan...Apakah salah menjadi kaya?

Menjadi kaya tentu tdk salah asalkan tidak berprofesi sebagai agamawan,kalau demikian tentu bersifat paradoks dg ajaran agama itu sendiri. Bagaimana mungkin seorang yg kaya dg hasil usahanya sendiri pd saat yg sama dapat meningkatkan kemajuan spritualitasnya juga...kecuali kaya dari warisan

Seperti yg saya ketahui dan saya pelajari spirtualitas dan materi selalu bersifat kontradiktif (saling bertentangan). Kemajuan materi akan selalu di bayar dg kemunduran spritual,begitu juga kemajuan spitual harus di bayar dg kemunduran kehidupan materinya. Sudah bukan rahasia lagi bahwa utk mendapatkan keuntungan materi dlm dunia persaingan yg semakin tajam dan kompetitif harus kita mengerahkan daya usaha semaksimal
mungkin yg akan berujung kpd timbulnya kejengkelan,kemarahan,iri hati,ke angkuhan,kebohongan serta mendapatkan ketegangan2 mental dan psikis lainnya, bahkan sering kali berujung kpd perselingkuhan teman bisnis,entertainment,pembunuhan persaing bisnis,menjatuhkan pesaing,dll. Anda seorang karyawan ataupun pekerjapun akan mengalami hal yg sama spt di atas yg saya sebutkan dg sesama karyawan lainnya.(saling menjatuhkan cari muka dll).

Lalu apakah tdk ada cara dlm mengumpulkan kekayaan tetapi pd saat yg sama dapat meningkatkan kehidupan spirtual kita,dlm kata lain...menjadi kaya tetapi tdk serakah, tetap rendah hati tdk sombong, tdk angkuh,tdk nyogok, tdk selingkuh, menghindari dunia hiburan(entertaint) ?.. jawabnya… NO WAY !, jika anda skr mencoba mengumpulkan kekayaan itu berarti anda sudah serakah sekalipun dg cara yg benar.

Semakin kaya anda akan semakin ingin nambah kaya lagi dan lagi. Pd tahapan kekayaan tertentu anda mkn masih dapat menjaga moral anda sedemikian baik tetapi tidak untuk tahapan kaya selanjutnya. Kalau anda berpikir dg tetap memilki sifat2 tsb tetapi anda tetap bisa masuk surga,...apa nanti di surga tdk akan terjadi keributan dan huru hara?

Kembali pd topik Materi VS Spiritual,...bahkan di dlm kitab suci agama2 yg saya pelajari dlm ungkapan yg extrem Yesus berkata"jauh lbh mudah seekor unta masuk lobang jarum drpada seorang kaya masuk surga",
Bahkan Sidharta Gautamapun harus meninggalkan kehidupannya yg mewah sebagai anak raja di india dan memilih hidup sebagai orang miskin yg tdk memiliki apapun demi mencari kebahagiaan spiritual.

Saya berpikir di antara 6 M manusia di bumi mungkin hanya sekitar 1% saja yg setelah kematiannya bisa masuk surga...itupun klo surga ada. Kenapa saya berpikir demikian?....karena orang miskinpun banyak yg memiliki keserakahan,kebencian,kemarahan,kesombongan,iri hati yg sama spt org kaya.

So anda pilih kaya masuk neraka atau miskin tapi masuk neraka juga?

(buah pikir dan karya tulis Lie chensing…..)


Hehehehe.....keren bagi gw tulisan si Koko

Happy Birthday Koko Sing .....Semoga amal baikmu diterima disisNya Aminnnnn




110 komentar:

  1. Mba aku mau komentar agak serius yaa (muka dibikin sok serius tapi cengar cengir):
    Saya menghargai tulisan itu karena latar belakang keyakinannya yang berbeda dengan saya. Dalam keyakinan saya jadi kaya dan sekaligus jadi orang yang baik itu tidak saling bertentangan sepanjang cara yang ditempuh adalah cara yang benar. Bahkan dari beberapa Sahabat Rosul yang dijamin masuk surga, mereka adalah orang-orang pengusaha kaya. Jadi kaya kenapa takut??? ( masalahanya saya belum kaya juga belum menjadi orang yang baik, setidak-tidaknya mimpi ke arah sana masih ada, boleh kan???)

    BalasHapus
  2. He-he-he-he
    Apapun itu semuanya harus berimbang Brown sugar.
    Kalau tidak maka :
    lagi
    lagi
    lagi
    Gila deh akhirnya.

    materi perlu , spritual juga perlu dan ngeblog tentu lebih perlu lagi

    Tumben gua bisa nomer one.

    BalasHapus
  3. koko nya ya? he he he..keren amat...kenalan dong. ngaku2 nih si Yummy.

    BalasHapus
  4. mbak,kepalaku lagi cenat cenut jadi ga konsen baca ttg menjadi kaya itu. jadi kupaksain beberapa kali ga masuk-masuk.

    tpi cakep tenan kokomu itu, aku naksir nih..hmmm....

    BalasHapus
  5. banyak rezeki bisa banyak beramal, tp klo gak mo beramal ya tanggung sendiri aja tuh kekkayaan di akhirat.

    BalasHapus
  6. Mbak..kenalin aku sama Koko nya dong
    tulisannya keren
    Orangnya pasti juga keren
    lha wong sampe bikin gegar otak orang lho
    tapi yang aku lebih suka adalah makna tulisannya
    orang kaya bukan berarti tak baik
    orang miskin juga banyak yang tak baik
    kalo saya disuruh memilih yang mana
    saya memilih untuk jadi orang kaya yang baik, masuk surga (amien) ngetop, terkenal
    dan untuk menjadi orang seperti itu saya musti berusaha mencari jalannya

    sekali lagi, salam amis dari Itik manis
    buat Kokonya ya..

    BalasHapus
  7. Hla saya maunya koq ...kalo bisa cii, Kaya tapi masuk Syurga... walo lebih sulit drpd memasukkan unta ke lubang jarum...hehehehe

    Met kenal ya mbak...

    BalasHapus
  8. Tujuan hidup saya,.... kaya di bumi di akherat masuk surga. banyak loh agamawan yang kaya raya.

    BalasHapus
  9. Bagus bngt tulisannya, Tante...
    Happy b'day aja bwt koko.

    Bdw Te...
    Ntar di Jogja kita culik satu aja anaknya Om Sugeng y plng kecil dan kita buat mainan, foto2 bareng, hahahaha....

    BalasHapus
  10. aku maunya kaya and masuk surga loh bu hehe...

    ooh si koko jet lie ultah toh? hihiih...happy bday lah ama koko lie (bukan jet lie) nya yak!!

    BalasHapus
  11. kayaknya semua orang bercita2 masuk surga ya...
    hehehe..

    happy b'day buat kokonya yah..

    BalasHapus
  12. hehehhehe maap deh kalo ndak sejalur sama si koko
    agama g ngajarin miskin kok... justru kita musti kaya biar bisa lebih banyak beramal.Ada banyak jalan kebenaran menjadi kaya, seimbang saja , material dan spiritual.
    Kaya karena korup sama aja dengan miskin karena judi

    kaya karena berdagang sama aja dengan miskin tapi nerimo dg tabah

    bukan kaya miskinnya, tapi bagaimana mereka menyikapi keadaannya

    BalasHapus
  13. waduh salah tuh mbak ucapannya birthday nya! kok malah kayak ucapan duka cita yah??

    hoehoehoehoe

    BalasHapus
  14. kalo saya, milih hidup kaya, mati masuk sorga aja dah!

    BalasHapus
  15. ciiiaaaaaaaaaaaaattt haiyaaaaaaaa

    BalasHapus
  16. Kokonya Mbak ini berfikir dengan logikanya, dan tidak mengkaji dari sisi spritualitasnya.
    Dalam Islam ada cara untuk Kaya dengan benar. Jadi bisa kaya dan masuk surga. Beberapa hari lagi saya posting di blog saya. (Udah di Schedulin sih.. Hehehe)
    Salam

    BalasHapus
  17. Pilih kaya masuk surga bareng ma Luna Maya...Di surga sekamar pula...kwakkk..kkk....

    BalasHapus
  18. Susah bin dilematis. Jaman skg orang pasti tetep nyari materi, soalnya materi telah dijadikan tolok ukur ataupun penilain thd orang. *komen serius neh..

    BalasHapus
  19. Susah bin dilematis. Jaman skg orang pasti tetep nyari materi, soalnya materi telah dijadikan tolok ukur ataupun penilain thd orang. *komen serius neh..

    BalasHapus
  20. Btw,kokoh nya ganteng..wakakaka

    BalasHapus
  21. Btw,kokoh nya ganteng..wakakaka

    BalasHapus
  22. mantaffff
    tulisan yang bagus cik

    BalasHapus
  23. wah kalao saya se bahkan semua orang pasti milin hidup kaya, mati masuk surga ya kan?
    bedanya orang miskin yang mau masuk sorga lebih cepat daripada orang kaya yang mau masuk sorga. karena si kaya mesti ditung2 dulu harta dan pemanfaatannya selama di dunia. seperti itulah yang saya tahu dari agama saya.

    ----------------------------
    ayo ayo yang belum dukung. mohon dukungannya ya. engga perlu pasang link, apalagi mesti bayar. cukup komentar ae di tulisan sejarah, seluk beluk dan template keren buat blogspot . ditunggu komen dukungannya ya *ngarep*

    BalasHapus
  24. tidak ada yang salah dengan KAYA... tapi yang jadi permasalhan adalah bagaimana cara mendapatkan kekayaan tersebut. dengan cara halak atau haramkah??

    menjual agama??? apakah menjadi juru dakwah (semisal; AA Gym dll) bisa juga dikatakanm menjual agama???

    trim. salam kenal.

    BalasHapus
  25. AKU PILIH KAYA DAN MASUK SURGA....AMIEN...

    kaya dan miskin bukanlah ukuran org masuk syurga,yg dilihat adalh amal kebaikan selama hidupnya,ibadah yg ikhlas hanya mengharap ridho Allah,melaksanakan dan menjauhi laranganNYA..insyaallah syurga dpt kita capai,,amien

    BalasHapus
  26. Wah nice posting kk.

    Aku mao. .mao . .masuk surga
    hahaha

    BalasHapus
  27. Weeee
    itu potoku kok dipajang-pajang..
    :))

    BalasHapus
  28. tulisan serius iki, tapi endingnya pilhannya sangat sulit, sugih opo kere, jiahaha...
    salam buat mas jet li loh ya...

    BalasHapus
  29. nice artikel..and selamat utha buat koko sing..

    BalasHapus
  30. materi berbanding terbalik dengan spiritual, moh ah, ntar tumplek terus jadi gak ngumpul-ngumpul materine

    BalasHapus
  31. maap neng baru mampir lagi... hehe... bikin teh jg ada caranya hehhe...

    btw ngelirik ke sebelah kanan diriku udah gak masuk ke blog celeb lagi hihihi... lagian siapa sih diriku hihi... ngaku2 celeb :D

    BalasHapus
  32. Aku mampir siang nih,... e.e.e.e Jet lee nya masih disini yah.

    BalasHapus
  33. Salam saja buat kokonya mbak..
    Kita itu terdiri dari dua unsur, ruh dan jasmani. Jadi kita perlu materi untuk jasmani kita dan kita perlu spiritualitas untuk ruh kita. Balance deh..

    BalasHapus
  34. wah, kokonya Jet Li ya???
    nitip salam donk ke Jet Li nya??
    kapan main film lagi..

    BalasHapus
  35. kaya dengan cara benar tidak perlu ditakuti

    BalasHapus
  36. semakin harta kita banyak jelas makin banyak pertanyaan...kalau orang Islam yang pertama ditanya adalah

    SIAPA TUHANNYA, APA AGAMANYA, APA NABINYA ....

    yang jelas jadi orang bermanfaat terutama ilmunya dan mengerjakan semua perintah dan menjauhi larangan-Nya itu lebih baik karena kita hidup bukan mengharapkan imbalan Syurga tapi kan mencari Ridho-Nya

    BalasHapus
  37. Mamh.. kangen.... hiksss. i wanna told u about them.. hahah.. rasa dag dig dug ku itu.. hufff... berkhirlah sudah... :(

    BalasHapus
  38. bawa kangkung nih seember say,hehehe.

    BalasHapus
  39. hiaaaa koko guantheng uey

    semua orang mo kaya, mo masuk surga, mo punya segalanya. karena mang manusia senengnya gitu

    udah ah gak bisa ngomeng banyak2 hehhehe

    BalasHapus
  40. Menurutku juga bagus...

    Re: aku yo mudeng tho budhe. Dadi ra usah dipangku yo, hehehe

    BalasHapus
  41. "Kok Foto dipasang mbak...?" Protes Jet Lee

    BalasHapus
  42. lha kok malah jet lee

    BalasHapus
  43. Lho kok amal baikmu diterima disisiNya? emang Jet Li udah Ko'it tho.... Semoga aja saya bisa mbak... kaya tapi tetap lurus dalam spiritual... he.. he.. ngomong-ngomong kapan kayanya yah....

    BalasHapus
  44. wah kalau saya mendingan kayak tapi rendah hati terus masuk surga heuheuheu, wadoh tulisannya keren nih :D

    mba, kok foto saya dipajang di sana ? wadoh ... :D

    BalasHapus
  45. tp kan karena banyak rezeki itulah makanya kita bisa banyak beramal, trus klu gag banyak rezekinya???

    BalasHapus
  46. kayakan tidak selalu dalam bentuk harta...

    BalasHapus
  47. jiaaah..masih muka si koko yg dipajang. mending muka Ari Wibowo aja deh. ganti dong, Yumm..

    BalasHapus
  48. royalti... royalti...
    itu photo dipajang tanpa ijin

    BalasHapus
  49. pilih kaya masuk surga donk mbak !!1

    BalasHapus
  50. jiahhhh... pilihan yang sulit ya...

    bisa nggak di tambahin pilihannya?

    pilih kaya masuk surga aja yaa....

    BalasHapus
  51. Saya sich pengen mudah dikenal, tua kaya raya, mati masuk surga, heheee.. Boleh kan?

    BalasHapus
  52. ya..ya..tulisannya keren banget..
    tapi saya lebih senang masuk kaya, lalu lupa neraka...dan tidak selalu naik angkot. kalaupun akhirnya jadi biasa-biasa saja, naik angkot bisa mangku brown sugar...

    BalasHapus
  53. tulisannya bagus ko ngga jelek-jelek amat

    BalasHapus
  54. Serius nich Mbak Yum *pasang wajah mengerlingkan alis*, bagi saya, kaya itu bukan tujuan, justru dengan kaya itu saya ingin mencapai tujuan hidup saya, surgaNya. Saya mau banget bisa kaya, kaya ilmu, kaya hati dan kaya amalan...:)

    BalasHapus
  55. kalo aku milih kaya masuk surga dari pada miskin masuk neraka. heeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee

    BalasHapus
  56. yo kaya masuk surga to... pilihan koko itu ga tak pilih blas wis.. :)

    BalasHapus
  57. Salam kenal! Numpang komen nih..
    Pertama-tama happy birthday dulu buat koko Sing.
    Memang susah utk menumpuk materi sekaligus mempertahankan spiritualitas, karena keduanya bertentangan. Namun mereka yg mempertahankan spiritualitas akan tetap kaya, yakni kaya secara rohani. Bg mereka, materi bukan yg utama, hanya cukup utk mempertahankan hidup. Itu menurutku...

    BalasHapus
  58. mau dong punya kok kaya gitu...
    salam kenal,,kunjungan pertama nih mba...

    BalasHapus
  59. haloo haloo... salam kenal.....

    BalasHapus
  60. keren mbak brown...salam untuk li chenshing ya...semoga diterima amalnya ya.....

    BalasHapus
  61. ass.
    kaya tidak kaya yang penting masuk surga.
    kaya di dunia dan kaya di akhirat tentu dambaan manusia.menyenangkan membaca tulisan ini.
    nice post.
    wassalam

    BalasHapus
  62. salah satu tokoh idola neh...

    BalasHapus
  63. Mamma.. where are u??? kangen...

    BalasHapus
  64. doh pas awal baca
    kirain beneran itu kokonya hehe

    oia kenalan dengan blog baru ya *nyodorin tangan* kok diem ce salaman donk
    ditunggu kunjungan balik dan komentarnya terutama dalam tulisan manjakan mata, telinga dan waktu anda dengan samsung LED TV.
    awas lho kalao engga berkunjung tak jithak pakai tiang listrik wakakaka *kabuuurr *ngumpet

    BalasHapus
  65. Tanteeeee yumaaaa, aq datang lagi. Kangen aq karo dirimu tanteeeee. Hahahaha.
    "Diantara 6M orang, mgkn cuman 1% yg msk surga. Itupun kalau surganya ada." hahahahahahaha.
    Tumben materi hari ini berat, aq agak gak ngerti tante.
    Tp makasih dech, udah berbaik hati masang fotoku segala.

    BalasHapus
  66. yah begitulah keadaannya.aq benernya mo komeng lebih panjang tapi berhubung kalimatnya ga mau tersusun yap udah ini ajah kali yap :D.maapkan daku yang terlalu singkat ini.

    BalasHapus
  67. Kalau bisa sih bahagia dunia akhirat... Aminn...

    BalasHapus
  68. Hehehehe nyasar deh aku

    BalasHapus
  69. Siapa yang menanam padi Rumput akan ikut tumbuh, tapi siapa yang menanam rumput padi tidak akan ikut tumbuh :D

    BalasHapus
  70. saya ga pilih dua-duanya.....
    saya pilih komentar di sini sajaaa dan masuk surgaa

    BalasHapus
  71. Datang lagi mbak...lama kagak nongol neh....kangen dengan banyolan2 di setiap komen si gula coklat....

    BalasHapus
  72. semua org pasti pengen kaya..tp hanya sedikit orang ya tahu cara mencapainya..

    BalasHapus
  73. siang mbak,, dah lama nih ndak maen ke blogku.. semenjak mau ngalamar kerja ke KUA :D

    BalasHapus
  74. wah aman - aman aja nih??? :D

    BalasHapus
  75. ups lg galak ya jeng hihi

    BalasHapus
  76. Si gula coklat kemana yah...?? Ja-ngol alias jarang2 nongol....? banyolan keren disetiap postingan kini menghilang.....hiks....

    BalasHapus
  77. Lamaaaaaaa banget gak nongol nih... kemana aja mbak yang cantik ini yah..... halo...haloooo

    BalasHapus
  78. kemana jah yaaaa??/
    kok gak pernah keliatan lagi mbak.....

    BalasHapus
  79. mana orangnya nii?!?!?

    BalasHapus
  80. numpang disini bentar ya....
    sekedar informasi dan konfirmasi, kalau blog hidupadalahpendakian.blogspot.com kini ganti link menjadi beemountain-adventure.blogspot.com
    link blog brownsugar sudah ada di blog BeeMouNTaiN.
    trims.

    BalasHapus
  81. mampir nagih utaaaang...
    astagfirullah penghuni rumah kabur kemana nie kok engga apdet-apdet. jangan2 takut ditagih ya xixixi

    Eros
    Petarung Kontes Alnect Computer

    BalasHapus
  82. Hi…



    Ada info penting banget nih.. Tahun ini Jawaban.Com kembali mengadakan event gede-gedean untuk Para Bloger Kristen, yaitu Christian Indonesian Blogger Festival 2009 (CIBfest 2009). CIBfest kali ini bertema "Menjadi Jawaban Melalui Kreativitas Yang Berdampak". Ada hadiah berupa uang tunai Rp. 15 Juta Rupiah untuk 3 orang pemenang.Pastikan kamu ikutan juga Writing Competitionnya, siapa tahu hasil tulisan kamu terpilih untuk dibukukan! Yupz, Jawaban.Com bekerjasama dengan PT. Elex Media Komputindo akan menerbitkan buku kumpulan karya finalis CIBfest. Kamu ingin ikut terlibat dalam event ini? Caranya gampang dan Gratis!!! Ayo buruan daftar!! Pendaftaran terakhir tgl 30 Agustus 2009 loh.. Jadi log on langsung ke www.cibfest.jawaban.com



    Di tunggu yaaa….. God Bless…

    BalasHapus
  83. wah.. ganteng juga orang satu ni...

    BalasHapus
  84. Wah..., very nice nih. Saya sampe pencet2 kepala mbacanya. Hidup memang serba salah ya. Jadi kaya, ada kemungkinan masuk neraka. Jadi miskin, ada kemungkinan masuk neraka juga. Kayaknya semua hal fifty-fifty sob. Tapi jika harus memilih, saya memilih masuk surga aja biarpun miskin (semua orang beragama mau begitu juga saya rasa hehe...)

    BalasHapus
  85. sungguh cerita yg bagus untuk dibaca
    menambah inspirasi

    BalasHapus
  86. terus terang saya penggemar jet lee
    keren juga kalo gak shooting

    BalasHapus
  87. Kokonya Mbak ini berfikir dengan logikanya, dan tidak mengkaji dari sisi spritualitasnya.
    Dalam Islam ada cara untuk Kaya dengan benar. Jadi bisa kaya dan masuk surga. Beberapa hari lagi saya posting di blog saya. (Udah di Schedulin sih.. Hehehe)
    Salam

    BalasHapus
  88. kokonya ganteng bgt tuh ,,boleh dong kenalan,,
    artikel yang sangat keren dan menarik,,smua orang pasti ingin jadi yang lebih baik,,makasih dan sukses slalu,,,

    BalasHapus
  89. siapa sih yang ga mau kaya,,,smua orang pasti bercita cita ingin kehidupan yang lebih baik lagi,,,tapi tergantung usaha,semangat dan tekad kita masing masing,,,

    BalasHapus
  90. wow nice blog and interesting article thank you
    sprei

    BalasHapus
  91. mantap dah, ku tunggu yah kunjungan baliknya .
    salam kenal dan sukses selalu yah :d

    BalasHapus
  92. berbagi kata kata motivasi gan
    Rasa sakit membuatmu lebih kuat. Rasa takut membuatmu lebih berani. Patah hati membuatmu lebih bijaksana. Ambil hikmahnya!

    salam kenal semoga bermanfaat yah, :D

    BalasHapus
  93. Isi artikel yang sangat berguna sekali, sehingga artikel ini menjadi terpopuler. Tampilan blog yang sangat dinamis dan loading yang ringan membuat pengunjung blog betah berlama lama disini. Sehingga blog ini ramai pengunjung.

    jangan lupa visit my blog.

    #SalamBlogger

    BalasHapus
  94. lebih baik berkah dan masuk surga aja deh.. kalo terlalu kaya takut malah kemakan ama harasendiri.. hehehe
    sukses buat artikelnya...

    BalasHapus
  95. postingannya kepanjangan mas , jadi aku gak bisa baca sampai selesai deh

    BalasHapus

  96. terimakasih banyak atas infonya

    BalasHapus
  97. Kokonya Mbak ini berfikir dengan logikanya, dan tidak mengkaji dari sisi spritualitasnya.
    Dalam Islam ada cara untuk Kaya dengan benar. Jadi bisa kaya dan masuk surga. Beberapa hari lagi saya posting di blog saya. (Udah di Schedulin sih.. Hehehe)
    Salam

    BalasHapus
  98. keren gan ,,,

    apa kah masih hidup ?

    BalasHapus
  99. Kunjungan perdana, salam kenal

    BalasHapus
  100. wah terlalu panjang mas, tidak sampai terbaca semuanya deh,

    BalasHapus
  101. informasinya sangat bermanfaat sekali, trimaksih banyak sob,

    BalasHapus