April 13, 2009

Taman Sari




Sudah lama sebenarnya mo posting Pe Er ini.
Cuma karena males bin lazy yaahhhhh akhirnya baru hari ini tergapai niat dan cita citaku.
Pe Er yang dihibahkan dari Blogger Bertuah si Sungai Kuantan yang bertajuk "Mempromosikan Budaya dan wisata dalam negri".



Tamansari

Tamansari adalah taman kerajaan atau pesanggrahan Sultan Yogya dan keluarganya. Sebenarnya selain Taman Sari, Kesultanan Yogyakata memiliki beberapa pesanggrahan seperti Warungboto, Manukberi, Ambarbinangun dan Ambarukmo. Kesemuanya berfungsi sebagai tempat tetirah dan bersemadi Sultan beserta keluarga. Disamping komponen-komponen yang menunjukkan sebagai tempat peristirahatan, pesanggrahan-pesanggrahan tersebut selalu memiliki komponen pertahanan. Begitu juga hanya dengan Tamansari.

Letak Tamansari hanya sekitar 0,5 km sebelah selatan Kraton Yogyakarta. Arsitek bangunan ini adalah bangsa Portugis, sehingga selintas seolah-olah bangunan ini memiliki seni arsitektur Eropa yang sangat kuat, disamping makna-makna simbolik Jawa yang tetap dipertahankan. Namun jika kita amati, makna unsur bangunan Jawa lebih dominan di sini. Tamansari dibangun pada masa Sultan Hamengku Buwono I atau sekitar akhir abad XVII M. Tamansari bukan hanya sekedar taman kerajaan, namun bangunan ini merupakan sebuah kompleks yang terdiri dari kolam pemandian, kanal air, ruangan-ruangan khusus dan sebuah kolam yang besar (apabila kanal air terbuka).
Bagian - bagian Tamansari:

1. Bagian Sakral
Bagian sakral Tamansari ditunjukkan dengan sebuah bangunan yang agak menyendiri. Ruangan ini terdiri dari sebuah bangunan berfungsi sebagai tempat pertapaan Sultan dan keluarganya.
2. Bagian Kolam Pemandian
Bagian ini merupakan bagian yang digunakan untuk Sultan dan keluarganya bersenang-senang. Bagian ini terdiri dari dua buah kolam yang dipisahkan dengan bangunan bertingkat. Air kolam keluar dari pancuran berbentuk binatang yang khas. Bangunan kolam ini sangat unik dengan pot-pot besar didalamnya.
3. Bagian Pulau Kenanga
Bagian ini terdiri dari beberapa bangunan yaitu Pulau Kenanga atau Pulau Cemeti, Sumur Gemuling, dan lorong-lorong bawah tanah.



Pulau Kenanga atau Pulau Cemeti adalah sebuah bangunan tinggi yang berfungsi sebagai tempat beristirahat, sekaligus sebagai tempat pengintaian. Bangunan inilah satu-satunya yang akan kelihatan apabila kanal air terbuka dan air mengenangi kawasan Pulau Kenanga ini. Disebutkan bahwa jika dilihat dari atas, bangunan seolah-olah sebuah bunga teratai di tengah kolam sangat besar.

Sumur Gemuling adalah sebuah bangunan melingkar yang berbentuk seperti sebuah sumur didalamnya terdapat ruangan-ruangan yang konon dahulu difungsikan sebagai tempat sholat.

Sementara itu lorong-lorong yang ada di kawasan ini dahulu konon berfungsi sebagai jalan rahasia yang menghubungkan Tamansari dengan Kraton Yogyakarta. Bahkan ada legenda yang menyebutkan bahwa lorong ini tembus ke pantai selatan dan merupakan jalan bagi Sultan Yogyakarta untuk bertemu dengan Nyai Roro Kidul yang konon menjadi istri bagi raja-raja Kasultanan Yogayakarta. Bagian ini memang merupakan bagian yang berfungsi sebagai tempat pertahanan atau perlindungan bagi keluarga Sultan apabila sewaktu-waktu ada serangan dari musuh.

Tamansari adalah sebuah tempat yang cukup menarik untuk dikunjungi. Selain letaknya yang tidak terlalu jauh dari Kraton Yogyakarta yang merupakan obyek wisata utama kota ini, Tamansari memiliki beberapa keistimewaan. Keistimewaan Tamansari antara lain terletak pada bangunannya sendiri yang relatif utuh dan terawat serta lingkungannya yang sangat mendukung keberadaannya sebagai obyek wisata.

Di lingkungan Tamansari ini dapat dijumpai masjid Saka Tunggal yang memiliki satu buah tiang. Meskipun masjid ini dibangun pada abad XX, namun keunikannya tetap dapat menjadi aset dikompleks ini. Disamping itu, kawasan Tamansari dengan kampung tamam-nya ini sangat terkenal dengan kerajinan batiknya. Kita dapat berbelanja maupun melihat secara langsung pembuatan batik-batik yang berupa lukisan maupun konveksi. Kampung Tamansari ini sangat dikenal sehingga banyak mendapat kunjungan baik dari wisatawan mancanegara maupun wisata nusantara. Tidak jauh dari Tamansari, dapat dijumpai Pasar ngasem yang merupakan pasar tradisional dan pasar burung terbesar di Yogyakarta. Beberapa daya tarik pendukung inilah yang membuat Tamansari menjadi salah satu tujuan wisata Yogyakarta Kraton Yogyakarta.

Numpang mejeng ahhhhhhhhhhh.............


Artikel diambil dari "Tourism Catalog of Yogyakarta".

73 komentar:

  1. wah tukang becaknya dan yang naik keren keren yaaaa, seperti putri dari taman sari yaa

    BalasHapus
  2. Maaf telat mbak, makasih pemberian awardnya ya.. Saya belum pernah ke Taman Sari mbak,walo lumayan sering ke Jogja.Kapan2 kalo ke Jogja mampir kesana ah,sapa tau ketemu tukang becak keren Hehehe...

    BalasHapus
  3. lha kenapa gak sekalian kopdar! (doh)

    BalasHapus
  4. Wah asyik juga kayaknya tuh,,,,,,

    BalasHapus
  5. Pernah lewat doank dulu.

    Bi2t.com

    BalasHapus
  6. Taman Sari..??? boleh la tuh.....
    kapan2 aku hubungi... deh mbak gula coklat....
    aku mampir disana yah....

    BalasHapus
  7. Ternyata bisa serius juga lho teman yang satu ini.
    Habis biasanya suka bikin orang wakakakakakakakakakakakakakakakakaakkaakakkakaka
    Info yang sangat bagus , Thanks 4 sharing it
    kapan-kapan mau main ke Taman sari akh....

    BalasHapus
  8. taman sarinya udah modern yak, ada kolam renangnya. dan ah, tukang becaknya cantik tenan, yg cowok cowok pasti mupeng klo tukang ojeknya kek gitu :P

    BalasHapus
  9. jadi mau kesana..
    Jogyakarta emg keren, tapi saya baru sekali kesana (hiks, kasian yaa??)

    BalasHapus
  10. Wah, saya ke Tamansari dah lamaa banget tuh, tahun '93-an, belum ada tukang becak dan penumpang yang cantik kayak yang mejeng diatas...:D

    BalasHapus
  11. aku belum pernah deh ke taman sari disana
    kalo tamansari bandung pernah...itu nama jalan hehe...
    eh mau duoong kesono tp ibu yg goew becaknya yak!!

    BalasHapus
  12. Wuaaaah.... jadi pengin pulang ke rumah eyang di Jogja.

    BalasHapus
  13. waduh...fotonya yahud banget..
    harusnya diliatin pas on the road dong...balapan becak...hehehe

    udah lama gak ke taman sari... tambah bagus kayaknya.

    BalasHapus
  14. Amnesia deh aku ...... kayaknya kemaren dah dari sini
    Gubraaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaak

    BalasHapus
  15. Wah... calon tujuan kunjungan wisata nih.. Keren

    BalasHapus
  16. Hi! how are you?
    You can download stunning bicycle wallpaper in our website for free.

    BalasHapus
  17. Yang mbecak sama tukang becaknya pasti patungan bayarnya..

    BalasHapus
  18. kangen juga nih sama taman sari, kusendiri baru dua kali berkunjung ke taman sari, tempat yang romantis dan indah..

    BalasHapus
  19. wew.. kayanya seru tuh..
    dibookmark dulu mbak inponya he..he..

    BalasHapus
  20. oo ini tampang Yummy? kirain tukang pijat dari Yogya. ha ha ha...

    btw, pengen ke sana nih. bagus ya tempatnya.

    BalasHapus
  21. deee promosi nih... nasionalis juga rupanya si mbak yang doyan becanda

    BalasHapus
  22. jadi pengen kesini neh...

    BalasHapus
  23. mbaaaaa,,,,, kalau mba yumi yang mana ? yang naek becak atau yang lagi mengemudikan becak ?? hohohoho tak kusangka, tak kuduga, ternyata jago naek becak :D, jadi kepingin ke taman sari nih, ...

    BalasHapus
  24. hmmmmm sekarang taman sari udah bagus banget
    beda ketika aku masih bolak-balik kejogja 2001-2003
    masih semrawut
    kolamnya butek, kadang malah gada air
    rumah2 sekitar kolam masih banyak

    BalasHapus
  25. wah, sayang , baru liat dari kejauhan doang

    BalasHapus
  26. wah sekalian mampir 'gak mbak beli burung di pasar ngasem

    BalasHapus
  27. hoho...abang becaknya kok jadi cantik2 gituh di taman sari. penumpangnya juga ga mau kalah aksi...weihh, besok ketaman sari ahhh....

    BalasHapus
  28. saya pernah deh kesini, cm waktu itu masih belum tau kalo nama tempatnya itu Taman Sari...

    BalasHapus
  29. daripada lama nunggu buku tamunya kebuka, mending nulis disini aja deh.

    si Yummy yg narik becak apa yg duduk di dalam becak ya? ha ha ha...

    BalasHapus
  30. wah si mbak gaya bener yak! pengen euy ke taman sari! ajakin dunk mbak!!

    BalasHapus
  31. PR yang bermanffat banget yah...
    jadi tahu ttg khasanah ragamnya kebudayaan bangsa ini....

    BalasHapus
  32. kok ada yang mirip becak neh

    BalasHapus
  33. ngikuutttttttttttttt sama becaknya dong sayyyy!!!!

    BalasHapus
  34. mbae! kapan updatenya?! hehehe

    BalasHapus
  35. pengen kesananaaaaaaaaaaa,,capa yang mau ajak aku ?heheheheh,,silahkan daftar ya,gratis kok !:P

    BalasHapus
  36. itu tukang becaknya cewek ya, mentang-mentang kartinian ...

    BalasHapus
  37. aku seneng di pulo cemeti itu...

    BalasHapus
  38. wah salut pada mami blogger ini,khashanah budayanya tinggi juga meski butuh bahan bacaan juga hi..hi..

    BalasHapus
  39. yahyahaya PR nyang ini blum tak kerjain...hikz..belom sempet moto monas kwkwkw

    BalasHapus
  40. Lumayan ngebayangin dulu kesana,, yg penting otak dan mata udah kesana, huehueeee

    BalasHapus
  41. brownsugar tuh yang ngedayung ato penumpangnya :))

    tolong presiden terpilih, angkat bu yumaima jadi menteri pariwisata :)

    BalasHapus
  42. wahh
    ingt dlu ke jakarta
    besttt

    BalasHapus
  43. waaa wen belom pernah ke taman sari, pinjem dunk mbak becaknya, tapi mbak yg ngayuhin yah semarang-jogja huehehe:p pe'er yg bagossss

    BalasHapus
  44. di Jakarta ada jalan Taman Sari lho.
    lha, koment ini gak nyambung ya?

    BalasHapus
  45. hodohh ini mbecak ke Taman Sari ya mbak... ati2 betisnya gede ntar... hehe
    btw bunda dah pernah ke Taman Sari ...

    BalasHapus
  46. BROWN SUGAR: KAMU AKU UNDANG JADI TAMU BLOGGER PERTAMA DI BLOG BARUKU http://myblog4famouser.com MAU YA?

    KALAU MAU EMAIL AKU DI 14lima6@gmail.com or sms aja ke 0898662318X [1+7=X]

    AKU TUNGGU KEPUTUSANMU

    WEKZ...

    BalasHapus
  47. kok lama kali jalan ke taman sari-nya?

    BalasHapus
  48. hahaha...

    aku jadi pengen kesana naek becak mba...

    BalasHapus
  49. kirain taman sayi sekitar tinggal saya eh buka..

    BalasHapus
  50. becak di taman sari yang narik cewe cantik mau ah main ksana

    BalasHapus
  51. Wah Solo - Jogja deket juga. Bagus review Tamansarinya. Nah kalo di SOLO ada obyek wisata apa? Boleh dunk sekali kali direview. Salam kenal brown-sugar

    NB : tuh becak dapet dimana? :)

    BalasHapus
  52. jangan lama2 mandi di taman sari, ntar ngembang semua

    BalasHapus
  53. hha..
    lam kenal..

    keren..
    blognya..

    sering" knjungi blogku ya..

    thnx..

    BalasHapus
  54. Taman Sari ada hubungan apa dengan taman lawang...???

    * plonga-plongo.....

    BalasHapus
  55. wah di yogya ada taman sari juga yah?
    di aceh jg ada ^^
    tar kapan2 dhe posting taman sari nya aceh ahh..
    hehehe

    BalasHapus
  56. Yaampun...............

    Itu putri dari manatuuuuuuuuuuu

    BalasHapus
  57. Hebat-hebat sudah mampu mempromosikan daerahnya. Semoga saya ketularan 'bisa' juga. Amin.

    Salam kenal.

    BalasHapus
  58. Nice for artikel..
    Semoga pemerintahan bisa mendukung obyek wisata ini, dan kita harus melestarikan serta membudidayakannya.

    BalasHapus
  59. Wahhh boleh juga tuh berkunjung...
    nice for info yaa ...

    BalasHapus
  60. wah,,,seneng banget ya bisa jalan" sama keluarga,,,

    BalasHapus
  61. enak ney jalan"...apa lagi sambil naik becak,,,,jadi kepengen kesana ya,,,hehe

    BalasHapus
  62. Ternyata bisa serius juga lho teman yang satu ini.
    Habis biasanya suka bikin orang wakakakakakakakakakakakakakakakakaakkaakakkakaka
    Info yang sangat bagus , Thanks 4 sharing it
    kapan-kapan mau main ke Taman sari akh....

    BalasHapus
  63. mau juga ke taman sari pasti indah dan keren,,,boleh lah nanti dicoba

    BalasHapus
  64. kayanya tempatnya asik juga tuh,,,klo buat pengetahuan peninggalan zaman dahulu,,makasih ya infonya,,,kapan kapan mampir deh,,,dan juga ditunggu kunjung baliknya,,

    BalasHapus
  65. wah bngga jadi orang indoneisa.. begitu kaya dengan aneka ragam budayanya...

    BalasHapus
  66. Isi artikel yang sangat berguna sekali, sehingga artikel ini menjadi terpopuler. Tampilan blog yang sangat dinamis dan loading yang ringan membuat pengunjung blog betah berlama lama disini. Sehingga blog ini ramai pengunjung.

    jangan lupa visit my blog.

    #SalamBlogger

    BalasHapus
  67. semoga bisa bermanfaat artikelnya

    BalasHapus
  68. pengen ni kesana lagi.. mudah-mudahan bisa segera
    umroh murah

    Haji khusus

    Umroh 2017

    BalasHapus